Mengagumkannya Faktor Dan Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan

Mengagumkannya Faktor Dan Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan - Kita semua tahu bahwa manusia dan hewan semuanya tergantung dengan tumbuhan untuk dijadikan pemenuhan kebutuhan nutrisi makanan. Lalu pernahkah terlintas di pikiran bagaimana cara tumbuhan mendapatkan makanannya sendiri? Dan apa factor pendukungnya? Ternyata proses membuat makanan pada tumbuhan dinamakan fotosintesis atau memasak dengan cahaya dan dan  factor pendukungnya seperti cahaya matahari, klorofil, karbondioksida, air dan suhu. Untuk lebih jelas tentang mengagumkannya proses fotosintesis pada tumbuhan silahkan disimak penjelasannya dibawah ini.


Mengagumkannya Faktor Dan Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan
proses fotosintesis. sourcce: google image    

Cahaya matahari

Fotosistesis terdiri  dari dua kata foto dan sintesis, foto artinya cahaya dan sintesis proses, darinama saja factor krusial adalah cahaya dan cahaya sangat dibutuhkan dalam proses ini. Fungsi dari cahaya dalam proses iniadalah sebagai pemecah molekul air (fotolisi) menjadi H+ dan O. tahukah kamu bahwa cahaya matahari memiliki foton yang mengandung energy kuantum yang berfungsi penting dalam fotosintesis. Dan jumlah darienergi yang dapat diterima dan digunakan dalam fotosintesis adalah tergantung dari faktor intensitas penyinaran, panjangnya gelombang cahaya dan lamanya penyinaran.


Klorofil

Setelah ada cahaya matahari yang diserap, maka selanjutnya cahaya matahari diserap oleh klorofil. Tahukah kalian bahwa klorofil bersifat fluoresensi, artinya adalah bahwa klorofil dapat menerima sinar dan mengembalikannya menjadi gelombang yang berlainan. Dan lebih mengagumkannya tumbuhan tingkat tinggi mengandung klorofil a dan klorofil b.

Karbon Dioksida (CO2)
Pada manusia dan hewan karbondioksida memang tidak dibutuhkan, beda halnya dengan tumbuhan. Karbondioksida digunakan dalam proses fotosintesis dan menjadi factor ppenting juga. Karbondioksida didapat dari udara bebas. Prosesnya adalah karbon dioksida akan masuk kejaringan tiang dan jaringan bunga karang. Jumlahnya juga berppengaruh terhadap hasil fotosintesis. Contohnya ppeningkatan karbondioksida diudara dapat mempersingkat pproses fotosintesis. Dan mengagumkannya jumlah karbondioksida yang masuk menghasilkan jumlah oksigen keluar yang sama dengan karbondioksida yang masuk.

Air
Semua makhluk dibumi membutuhkan air sebagai penunjang kehidupan.  Begitu juga tumbuhan yang memerlukan air sebagai factor pendukung fotosintesis yang didapat dari air tanahkemudian diangkut oleh Xilem dari akar menuju seluruh bagian tumbuhan terutama daun. Fungsi dari air didalam proses ini  adalah sebagai penyumbang unsur atom hydrogen (H+). Setelah itu  terjadi karbondioksida diserap melalui bagian daun yang disebut stomata. Jika terdapat banyak kandungan air maka stomata akan terus terbuka. Dan sebaliknya, jika kandungan air berkurang maka stomata akan perlahan menutup dan ini menyebabkan pengikatan karbondioksida menjadi terhambat dan terlambat.

Suhu
Suhu sangat berpengaruh terhadap proses fotosintesis. Jika suhu disekitar tidak sesuai ( terlalu dingin atau terlalu panas) maka akan menghambat proses fotosintesis itu. Ddan saat yang pas terjadi proses fotosintesis adalah ssaat cukupnya sinar matahari dan suhu yang pas disekitarnya. Kinerja enzim pada fotosintesi sangat tergantung dari suhu  disekeliling tumbuhan tersebut. Pada daerah tropis suhu yang baik untuk fotosintesis adalah berkisar antara 5 derajat celcius . walaupun unsur lainnya sudah terpenuhi dengan  baik tetapi jika suhu disekitar lebih dingin maka fotosintesis tidak  berjalan dengan baik.

Demikianlah mengagummkannya proses fotosintesis pada tumbuhan, semoga dengan penjelasan diatas dapat membantu kalian yang sedang mencari materi proses fotosintesi pada tumbuhan. Jangan lupa bacca juga artikel lain di blog ini.

Terimakasih.
Mengagumkannya Faktor Dan Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan | Unknown | 5