Sistem Pernapasan Unik Pada Katak Dan Contoh Gambarnya

Sistem Pernapasan Unik Pada Katak Dan Contoh Gambarnya - Halo  bertemu lagi diblog ahli ilmu alam biologi kali ini akan membahas tentang katak, tepatnya sistem pernapasan unik pada katak dan contohnya. silahkan disimak baik-baik:

 
Sistem Pernapasan Unik Pada Katak Dan Contoh Gambarnya


pernapasan pada katakssourc e: google image


Katak, siapa yang tidak tahu hewan amfibi satu ini. Hidup didua alam darat dan air, memiliki kaki 4 dan sering melompat-lompat. Tidak asing bukan? Katak adalahhewan unik terutama system pernapas

Untuk lebih jelas tentang penjelasan dari materi diatas silahkan disimak penjelasan lanjutannya dibawah ini:

Selaput rongga mulut
Dalam mulut katak terdapat apa yang dinamakan selaput rongga yang tipis dan terdapat banyak pipa kapiler kecil. Prosesnya adalah ketika organ faring dan rongga mulut bergerak kemudian lubang hidung membuka dan menutup sehingga udara dapat masuk mulut dan disaring oleh selaput rogga tersebut.

Kulit
Pada katak pernapasan melalui kulit dilakukan secara difusi. Kenapa katak bisa bernapas melalui kulit karena katak memiliki kulit yang tipis dan lembap serta banyak terdapat kapiler darah. Uniknya  pernapassan ini bisa dilakukan didalam air maupun didarat. Proses nya adalah ketika oksigen melewati kulit dan  masuk kedalam pembuluh vena (Vena kutane) setelah itu menuju jantung dan diedarkan keseluruh bagian tubuh katak. Dan untuk karbondioksida diedarkan kembalii menuju jantung, dan setalh darijantung dipompa ke kulit katak dan paru-paru melalui arteri kulit paru-paru. Proses pertukaran karbondioksida terjadi diorgan kulit katak.

Paru-paru
Siapa sangka katak  juga bernapas dengan paru-paru tetapi pernapasan pau-paru katak tidak sebagus paru-paru mamalia. Bentuk ddari paru paru katak adalah seperti sepasang kantung tipis yang sangat elastis sehingga udara pernapasan dapat berproses secara difusi, dan dinding dari paru-paru katak  diselimuti  oleh pembuluh darah kapiler sehingga paru-paru katak berwarna kemerahan. Bronkus adalah organ yang menghubungkan rongga mulut dengan paru-paru pada katak. Sama seperti makhluk air ikan, pernapasan pada kata terdiri dari dua tipe  ekspirasi dan inspirasi yang berlangsung ketika mulut keadaan tertutup. Semua proses pernapasan melibatkan otot-otot yang terdapat di mulut katak, yaitu: otot rahang bawah (submandibularis), sternohioideus, geniohioideus, dan otot perut. Berikut penjelasan mengenai pernapasan ekspirasi dan inspirasi. 
annya (opini pribadi). Katak adalah hewan yang memiliki beberapa pergantian system pernapasan dalam hidupnya. Dalam kehidupan awal katak adalah seekor berudu, berudu bernapas menggunakan kulitnya, berudu yang setelah 12 hari berubah menjadi katak kecil berekor yang insang luar berganti insang dalam. Sementara setelah dewasa, katak menggunakanrongga mulut, kulit dan paru-paru sebagai alat pernapasan. Unik bukan?
pernapasan inspirasi dan respirasi

a.Inspirasi
Udara yang banyak mengandung oksigen masuk melalui kulit kemudian otot-otot sternohioideus terjadi kontraksi yang menyebabkan otot mulut membuka, dan udara yang mengandung oksigen mengali masuk melalui koanesehingga membuat otot kone menutup dan segera otot rahang bawah dengan otot geniohioideus tejadi kontraksi sehingga membuat rongga mulut mengecil. Dan mengecilnya mulut membuat udara masuk melalui celah-celah dan menuju paru-paru. Dan setelah  sampai di paru-paru, oksigen diikat menuju pembuluh-pembuluh kapiler dinding paruparu, sedangkan karbon dioksida dilepaskan.


b.Ekspirasi

Pada ekspirasi  udara yang minim kandungan oksigen dikeluarkan. Dalam proses ini terjadi kontraksi otot perut dan otot sternohioideus berkontraksi menyebabkan udara tertekan keluar dan langsung menuju rongga mulut katak. Pada proses celah tekak menutup dan  membukanya koane. Dan pada saat yang sama otot rahang bawah terjadi kontraksi yang diikuti dengan kontraksi oleh otot geniohioideus, dan mengecillah rongga mulut. Dengan proses tersebut udara yang kaya akan karbondioksida dan minim oksigen keluar melalui koane.

Itulah proses inspirasi dan ekspirasi pada pernapasan katak, unik bukan? Semoga dengan artikel penjelasan uniknya pernapasan pada katak dapat membantu kalian mencari refernsi dari pelajaran biologi dan jangan lupa baca juga artikel lain diblog ahli ilmu  alam lainnya.

Terimakasih.
Sistem Pernapasan Unik Pada Katak Dan Contoh Gambarnya | Unknown | 5