Penjelasan Tentang Keanekaragaman Hayati Dan Contoh Tingkatannya

Penjelasan Tentang Keanekaragaman Hayati Dan Contoh Tingkatannya-Halo adik-adik kali ini blog Ahlii Ilmu Alam membahas tentang keanekaragaman hayati pada pelajaran biologi. Pernah mendengar keanekaragaman hayati? Jika belum mari simak ppeembahasannya di blog Ahli Ilmu Alam ini, selamat membaca.

Penjelasan Tentang Keanekaragaman Hayati Dan Contoh Tingkatannya

keanekaragaman hayati
source: Google image

Dibumi ini tidak lepas dari yang namanya makhluk hidup serta elemen pendukungnya. Dalam kehidupan sehari-hari sering kita jumpai seperti bentuk, ukuran, tinggi dan suatu hal yang beraneka ragam sebagai contoh warna, begitu indah jika berwarna-warni, begitu juga dalam lingkungan. Tingkat variasi dalam kehidupan yang berfungsi menopang kehidupan disebut keanekaragaman hayati. Berikut adalah berbagai  keanekaragaman hayati:


Keanekaragaman Gen

Keanekaragaman gen juga disebut sebagai variassi dari gen satu makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya selain dari itu variasi gen juga dapat menyebabkan perbedaan gen dalam satu jenis makhluk hidup. Sebagai sampel disekitar adalah jenis-jenis padi dan manga, sangat banyak ragamnya meskipun sama-sama disebut manga atau  padi tetapi ada perbedaan didalamnya. Dan sebagai contoh padi memiliki banyak jenis contoh IR, PB, kapuas, rojolele, muncul dan sedani. Begitu juga mangga yang memiliki beragam jenis contoh saja mangga arum manis, manalagi, gadung, dan golek. Daripenjabaran tersebut maka sudah jelas variassi gen membentuk type yang berbeda walaupun dalam jenisnya.

Dan ini dapat menyebabkan perbedaan sifat, contohnya sifat yang tidak tampak (genotipe) dan berupa sifat yang tampak (fenotipe) pada setiap makhluk hidup menjadi berbeda. Dan variasi juga bisa ditimbulkan dari perkawinan silang gen satu dengan yang lainnya. Selain itu, factor lingkungan juga bisa menyebabkan perbedaan gen dan menjadi bervariasi.


Keanekaragaman Spesies

Keanekaragaman Spesies suatu bentuk perbedaan variasi di suatu lingkungan dan membentuk suatu bentuk lain dari spesies, keanekaragaman ini merupakan yang dapat dilihat dengan kasatmata tanpa bantuan alat khusus. Contohnya dilingkungan adalah beragamanya varietas dari kurma, sagu dan kelapa. Walaupun dalam biologi mereka dalam kelas palem-paleman namun pada dasarnya mereka berbeda bentuk dan tempat tumbuhnya. Seperti kelapa tumbuh di pantai, kurma tumbuh di daratan kering tandus dan sagu tumbuh di  wilayah tropis.
Namun coba tengok keanekaragaman pada hewan, dan diatas adalah contoh keanekaragaman pada tumbuhan, dan contoh keanekaragaman pada hewan sebagai contoh Kucing, Singa dan Harimau. Mereka termasuk  dalam kelompok kucing.  Dan bisa dilihat bahwa mereka memiliki bentuk yang berbeda ukuran satu sama lain, juga habitat.


Keanekaragaman Ekosistem


Dalam perbedaan atau keanekaragaman ekosistem ini terbentuk dari interaksi ekosistem biotik dan abiotik.

Interaksi biotik

Interaksi biotik adalah interaksi yang dapat terjadi  jika satu  makhluk hidup berinteraksi dengan makhluk hidup lainnya (baik sama jenis walaupun dengan berbeda jenis) dan membentuk suatu komunitas baru.

Interaksi abiotik

interaksi abiotik adalah interaksi yang terjadi jika makhluk hidup berinteraksi dengan suhu, cahaya dan lingkungan kimiawi, antara lain, air, mineral dan keasaman .

jadi dengan adanya interaksi seperti yang disebutkan diatas terjadilah percampuran antara biotik  dan abiotik sehingga membentuk suatu ekosistem baru. Dan juga setiap ekosistem memiliki berbagai jenis makhluk hidup dan komponen pendukungnya yang beragam pula. Sebagai contoh, ekosistem pada padang rumput, ekosistem di pantai, ekosistem dalam hutan hujan trofik, dan ekosistem air laut. Namun setiap ekosistem memiliki ciri fisik, kimiawi, dan biologis tersendiri. Dalam suatu ekosistem memiliki flora dan fauna berbeda pula dengan ekosistem lainnya.

Selan itu faktor yang mempengaruhi perubahan ekosistem juga bisa seperti suhu udara dan laut, panjang musim, permukaan air laut, pola arus laut dan angin, tingkat curah hujan, serta hal-hal lainnya. Jika ini terjadi dapat merubah susunan komponen didalam suatu ekosistem. Sebagai  contoh adalah perubahan iklim atau global warming.

Oke, jadi itu adalah pembahasan berbagai jenis keanekaragaman hayati di blog ahli ilmu alam ini mengenai bidang studi biologi. Semoga dapat membatu adik-adik yang sedang menccari referensi tentang ilmu alam atau keanekaragaman hayati.

Terimakasih.

Penjelasan Tentang Keanekaragaman Hayati Dan Contoh Tingkatannya | Unknown | 5