Menakjubkannya Alat Indera Manusia Beserta Penjelasannya Terbaik

Menakjubkannya Alat Indera Manusia Beserta Penjelasannya Terbaik - Pada setiap makhluk hidup pasti bisa merasakan rangsangan disekitar, entah itu berupa rasa, sentuhan, aroma, dan masih banyak  lagi. Begitu juga pada manusia, manusia memiliki lima indera atau disebut panca indera. Apa itu alat indera? Bagimana bentuknya? Apa saja contohnya? Nah, kali ini blog ahli ilmu alam akan membahas tentang alat indera. Mari disimak.

 

Menakjubkannya Alat Indera Manusia Beserta Penjelasannya Terbaik
 

panca indera manusia, source: google image


Alat indera adalah alat yang digunakan  makhluk hidup untuk merespon rangsang disekitar. Manusia memiliki  5 indera atau sering disebut panca indera. Alat indra tersebut adalah mata (Indra penglihat), telinga (Indra pendengar), hidung (Indra pembau), lidah (Indra pengecap), dan kulit (Indra peraba / perasa). Oke, untuk penjelassan lebih mendalam  silahkan disimak di bawah ini.

Indra penglihat (Mata)

Mata adalah ibarat sebuah jendela untuk melihat indahnya dunia. Tanpa mata kita tidak bisa melihat indahnya bunga atau cantiknya wanita. Indera mata atau bola mata terletak di rongga mata di tengkorak yang berlapiskan oleh lemak. Terdapat tiga pasang otot yang “mengikat” erat bola mata didalam rongga bola mata. Dan itu memungkinkan bola mata fleksibel bisa digerakan kemana saja kekiri kekanan atau ke atas ke bawah. Tahukah kalian setiap  bolamata memiliki kurang lebih 120 juta sel batang (basilus) dab 6 - 7 juta sel kerucut (Konus).

Indra Pendengar (Telinga)
Pernah mendengar merdunya suara penyanyi? Pernah mendengar indahnya kicauan burung? Pasti pernah bukan?  Lalu indera apakah yang kalian gunakan untuk mendengar itu semua? Jawabannya  adalah telinga. Indera telinga adalah indera pendengaran yang berfungsi menangkap gelombang suara dan itu disebabkan  telinga memiliki sel sel reseptor, yakni Fonoreseptor. 20 sampai 20.000 Hz (getar / detik) adalah getaran gelombang yang dapat didengar oleh telinga manusia. Jika kurang atau lebh  dari itu telinga tidak dapat memproses gelombang tersebut. Pada umumnya, manusia tidak dapat menerima suara di bawah 20 Hz dan diatas 20.000 Hz.

Indra Pembau (Hidung)

Aroma masakan, aroma jeruk segar dan aroma lainnya adalah contoh dari rangsangan mengenai bau yang diterima oleh hidung. Hidung bisa memproses berbagai bau  atau aroma dikarenakan memiliki saraf terletak pada selaput lendir di rongga hidung bagian atas, pada kerang hidung atas, dan pada permukaan atas dari kerang hidung tengah.
Dan hanya berupagas saja yang dapat di terima oleh hdung untuk diproses. Dan sel pembau tersebut sangat peka terhadap rangsangan bau bahan kimia atau biasa disebut  Kemoreseptor.


Indra Pengecap (Lidah)
Tidak tahu bagaimana raasanya jika manusia tiak memiliki lidah. Lidah sebagai indera pengecapbisa merasakan berbagai  rassa dikarenakan mempunyaisebuah struktur berupa kuncup atau tonjolan yang bertempat di permukaan lidah. Sama halnya dengan hidung memiliki kepekaan terhadap zat kimia karenaadanya sel sel reseptor yang peka terhadap zat zat kimi yang juga disebut sebagai kemoreseptor. Dan jika terapat zat kimia maka akan terdeteksi oleh saraf reseptor tersebut dan menyebabkan impuls-impuls saraf bereaksi. Selanjutnya data tersebut dikirim ke otak  dengan saraf dan diproses sehngga kita bisa mengenali bau tersebut.

Indra peraba (Kulit)

Kulit sebagai pelapis atau pelindung tubuh memiliki kepekaan yang vital. Dengan kulit kita bisa membedakan apa itu halus, kasar,panas dan dingin. Selain itu dapat membedakan berat atau  ringan suatu bentuk atau benda. Kenapa kulit bisa begitu? Karena kulit memiliki berjuta-juta reseptora yang berupa berupa Mekanereseptor dan Termoreseptor.


Dan tahukah kalian? Bibir dan ujung jari adalah bagian yang paling peka dari semua alat indera tersebut. Itu karena di ujungjari dan bibir memiliki banyak reseptor yang berbeda-beda tiap  bagiannya.

Oke, jadi itulah bagian-bagian alat indera pada manusia. Semoga penjjelasan tentang mengagumkannya alat indera pada manusia ini bisa menjadi refernsi kalian. Jangan lupa untuk  membaca artikel lain biologi di blog ini.

Terimakasih.
Menakjubkannya Alat Indera Manusia Beserta Penjelasannya Terbaik | Unknown | 5