Penjelasan Menakjubkannya Bagian Bagian Bunga Beserta Fungsinya Terbaik

Penjelasan Menakjubkannya Bagian Bagian Bunga Beserta Fungsinya Terbaik - Jika sebelumnya sudah membahas tentang penjelasan system pernapasan pada ikan, kali ini akan membahas tentang bagian-bagian bunga. Bunga adalah lambing dari keindahan, cinta dan kedamaian. Siapa yang tidak tahu bunga, semua ppasti tahu. Tapi pernahkah terbersit bahwa apa sih bagian-bagiannya? Bagaimana bunga itu bisa seindah itu? Nah, sekarang mari disimak penjelasannya.

Penjelasan Menakjubkannya Bagian Bagian Bunga Beserta Fungsinya Terbaik

 
bagian bunga, source: google Image

Menurut ppara ahli Bunga adalah alat sebuah alat reproduksi ditumbuhan (divisio Magnoliophyta atau Angiospermae, "tumbuhan berbiji tertutup"). Dan bagian vitalnya nya adalah putik dan benang sari.

Lalu apa saja bagian-bagiannya? Bagian-bagian nya adalah dimulai dari tangkai bunga, kelopak bunga, mahkota bunga, benang sari, putik dan dasar bunga.


Tangkai bunga (pedicellus)


Seperti yang kita tahu, kata tangkai merujuk kepada suatu organ yang berada di bawah suatu benda atau organ lainnya. Begitu juga pada tangkai bunga letaknya dibawah bunga yang berfungsi sebagai penyambungantara bunga mahkota, batang atau ranting.

Kelopak bunga (sepal)
Kelopak  dalam bahasa Indonesia  merujuk kepada suatu lapisan  atau  lembaran tipis sebagi pelindung atau pelapis untuk melindungi bagian organ dalam dari suatu makhluk atau benda. Begitu juga bunga, ketika bunga masih dalam bentuk kuncup dan belum siap mekar, kelopak adalah bagian yang melindungi organ didalam bunga yang belum kuncup tersebut. Warna dari kelopak Bunga biasanya menyerupi ddari warna daunnya.

Mahkota bunga (corolla)
Layaknya mahkota sang ratu yang indah jika dipandang, begitu juga mahkota bunga. Mahkota bunga memberikan keindahan  dan ciri khas dari suatu bunga. Pada umumnya mahkota bunga sangat bermacam-macam warna dan bentuk dan mahkota bunga juga disebut sebagai perhasan bunga. Inilah mengapa  keindahan dari suatu jenis bunga terletak pada keindahan mahkotanya.

Benang sari (stamen)
Tidak hanya manusia dan binatang yang memiliki jenis kelamin, bunga pun memiliki jenis kelamin. Jenis kelamin jantan pada bunga adalah benang sari. Bagian-bagian dari benang sari adalah kepala sari, serbuk sari, tankai sari dan pendukung kepala sari

Putik (Pistill)

Lalu alat kelamin betina pada bunga adalah putik. Putik merupakan bakal biji bunga. Letaknya ditengah dari bunga dan dikelilingi  oleh benang sari. Dan didalam putik terdapat bagian kepala putik dan tangkai putik.

Dasar bunga
Kata dasar merujuk pada bagian terdalam dari suatu benda. Begitu juga dasar bunga yang letaknya paling bawah dari bunga yang berfungsi  sebagai tempat bercokol atau kedudukannya mahkota dan bagian bunga lainnya.

Itulah penjelasan mengenai bagian-bagian bunga dan fungsinya. Semoga artikel ini dapat membantu kalian mencari referensi dalammencari artikel ilmu alam atau biologi. Jangan lupa untuk  membaca artikel lainnya di blog ini.

terimakasih
Penjelasan Menakjubkannya Bagian Bagian Bunga Beserta Fungsinya Terbaik | Unknown | 5