Penjelasan Sistem Dan Alat Pernapasan Pada Ikan Lengkap Terbaik

Penjelasan Sistem Dan Alat Pernapasan Pada Ikan Lengkap Terbaik  - Setelah sebelumnya di blog Ahli Ilmu Alam membahas tentang pernapasan pada manusia kali ini akan membahas tentang system dan alat pernapasan pada ikan lengkap! Kita tahu ikan adalah makhluk hidup yang habitatnya di air. Lalu timbul pertanyaan, bagaimana cara mereka bernapas dikedalaman air? Bagaimana proses dan apa alatnya? Maka dari itu untuk mengurangi rasa penasaran silahkan disimak penjelasannya di bawah ini.

Penjelasan Sistem Dan Alat Pernapasan Pada Ikan Lengkap Terbaik

 
insang, source: google image

Alat pernapasan pada ikan yang vital adalah insang, insang pada ikan tersusun dari beberapa bagian:

1. Terdapat lengkung-lengkung insang yang merupakan tulang rawan

2. Rigi-rigi insang berada di depan lengkung insang, tersusun oleh tulang dan berfungsi untuk menyaring air

3.Lembaran insang yang terletak di belakang lengkung insangyang berbentuk mirip sisir dan kemerahan, selain itu banyak mengandung arteri insang.


 
pernapasan ikan, source: google image

Ikan menyaring oksigen dari air disekitarnya menggunakan insang yang terdapat dibagian leher ikan. Dan masing-masing insang terdiri dari 2 pasang dikiri dan kanan jadi jumlah keseluruhannya adalah 4 buah. Dan beda lagidengan ikan yang habitatnya di air keruh, insangnya terdapat labirin insang yang berfungsi untuk menyimpan oksigen ketika didalam air. Sama seperti makhluk hidup  lain, ikan melakukan dua tahap pernapasan. Apakah itu?

Fase Inspirasi
Pada tahap ini air masuk ke rongga mulut ikan kemudian oksigen disaring menggunakan insang. Dan ketika itu juga oksigen masuk ke aliran darah dan diikat oleh hemoglobin darah (Hb) untuk diedarkan keseluruh tubuh.

Fase Ekpirasi

Ppada fase ini rongga mulut menjadi tertutup dan udara terdorong menuju insang dengan cara difusi. Dan disaat itu juga organ operculum terbuka  dan air mengalir melalui celah-celah  insang dan melalui lembaran-lembaran insang dan secara bersamaan hemoglobin darah (Hb) melepaskan karbondioksida ke luar melalui insang.

Itulah penjelasan mengenai system dan alat pernapasan ikan terlengkap, semoga dengan artikel ini  dapat membantu kalian mencari referensi ilmu biologi. Jangan lupa juga untuk membaca artikel lain di blog ini.
terimakasih
Penjelasan Sistem Dan Alat Pernapasan Pada Ikan Lengkap Terbaik | Unknown | 5