Penjelasan Sistem Pernapasan Pada Manusia Terbaik Dan Lengkap Disertai Gambar


Penjelasan Sistem Pernapasan Pada Manusia Terbaik Dan Lengkap Disertai Gambar - Jika kemarin sudah membahas tentang system pernapasan pada katakburung dan fotosintesis pada tumbuhan kali ini blog ahli ilmu alam akan membahas tentang system pernapasan pada manusia. Karena manusia tidak bisa  menggunakan cahaya matahari dalam bernapas maka manusia  memerlukan oksigen untuk bernapas dibantu organ pernapasan lainnya. Untuk lebih jelasnya silahkan disimak penjelasan dibawah ini.

Penjelasan Sistem Pernapasan Pada Manusia Terbaik Dan Lengkap Disertai Gambar

manusia
organ pernapasan manusia, source: google image


Secara keseluruhan, sistem pernapasan pada manusia mecakup proses :

•    Masuknya udara kedalam alat pernapasan
•    Masuknya oksigen kedalam sel
•    Penggunaan oksigen kedalam sel
•    Dan Keluarnya CO2 dan H2O dari pernapasan.
Setelah  membaca rincian diatas tubuh manusia memerlukan organ atau alat yang dapat mengikat atau mengambil  oksigen diudara bebas untuk membawa kedalamm sel darah  dan menukar oksigen dengan karbondioksida dari sel kemudian mengeluarkannya kembali ke udara bebas.

Seerti yang kita ketahui bahwa organ pernapasan terdiri dari rongga hidung, pangkal tenggorokan (laring), batang tenggorokan (trakea), cabang tenggorokan (bronkia) dan paru paru (pulmo). Dan dari organ-organ tersebut dapat dibedakan jenis pernapasan pada manusia  terdiri dari dua jenis pernapasan dada dan pernapasan perut.

pernapasan dada, source: google image
 
a. Pernapasan Dada
Pada proses ini terjadi jika antar tulang rusuk berkonstraksi satu dengan yang lain dan menyebabkan tulang rusuk terangkat. Seetelah semua itu rongga dada menjadi membesar kemudian paru-paru menjadi mengembang dan tekanan udara dalam paru-paru berkurang. Oleh karena itu tekanan dalam tubuhyang kecil menyebabkan udara yang bertekanlebih besar d luar tubuh menjadi masuk membawa oksigen.

Setelah proses inspirasi terjadilah proses ekspirasi yang prosesnya tekanan didalam paru-paru kembali seperti  semula dan menyebabkan kembalinya kedudukan tulang-tulang rusuk  sepertisemula dan keluarnya udarra yang mengandung karbondioksida keluar tubuh melalui rongga hidung.






pernapasan perut, sourcce: google image

b. Pernapasan Perut
pada tahap inspirasi dipernapasan perut ini terjadi jika otot diafragma mengalami kontraksi  dan tulang-tulang rusuk menjadi sedikit datar. Dan menimbulkan rongga perut turun kebawah serta rongga dada membesar, paru-paru membesar dan tekanannya mengecil, sehingga udara yang masuk mengandung oksigen keddalam tubuh.

Setelah inspirasi terjadilahh proses ekspirasi yang menimbulka kembalinya seua kkedudukan tulang rusuk dan tekanan paru-paru seperti semula sehingga membuat udar. Kondisi inimengakibatkan rona didalam  tubuh  keluar yang kaya akan karbondiksida melalui rongga hidung.

Oke, jadi itulah penjelasan tentang Sistem Pernapasan Pada Manusia di blog ahli ilmu alam. Semoga dengan penjelasan ini dapat menjadi referensi kalian tentang ilmu biologi tentang Sistem Pernapasan Pada Manusia. Jangan lupa cek artikel lainnya di blog ini.

terimakasih
Penjelasan Sistem Pernapasan Pada Manusia Terbaik Dan Lengkap Disertai Gambar | Unknown | 5